Senin, 29 Agustus 2011

VOCALOID

VOCALOID


Vocaloid adalah sebuah program Voice Synthesizer yang disponsori oleh YAMAHA. Program ini memungkinkan penggunanya untuk membuat lagi dari data suara tiruan dalam program tersebut hanya dengan memasukan lirik dan melodi. Vocaloid sendiri memliki pengisi suara seperti HATSUNE MIKU di isi oleh Saki Fujita, Kagamine Twins dengan Shimoda Asami.

Vocaloid memanglah bukan sebuah Komik atau Anime (ada sih komik yang di dasari dari program ini) Namun, Vocaloid tetaplah Vocaloid. Sebuah program untuk membuat lagu/musik.

Suara Vocaloid terbagi bermacam macam macam suara. Ada yang nge bass, childish, cute, seriosa, dan lain lain.Namun di antara Vocaloid Vocaloid tersebut ada beberapa Vocaloid yang namanya cukup terkenal. Seperti Hatsune Miku dengan suara cempreng ala anak kecil. Lalu si kembar Rin dan Len yang suaranya sangat harmonis, sehingga cocok untuk di buat duet.
 
CHARACTERS (Hanya beberapa):
Hatsune Miku

Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : Vocaloid 2
Release Date : 31 Agustus 2007
Gender : Female (Perempuan)
Age : 16 
Height/Weight : 158 cm/42kg
Voice Base : Saki Fujita
Siapa yang ga kenal ama Hatsune Miku? SI Cewek yang sangat terkenal dengan wajahnya. Suaranya yang cute  namun bersuara bagus. Chara ini paling terkenal dalam Vocaloid, Emotion sampai Patung Figure nya pun ada. Sehingga banyak orang yang mengenal gadis ini. Contoh lagu dalam bahasa Indonesia, dapat di search di google atau Youtube


Kagamine Twins (Kagamine Rin and Kagamine Len)

Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : VOCALOID 2
Release Date : 27 December 2007
Gender : Female (Rin) Male (Len)
Age : 14
Height / Weight : 152 cm/43kg (RIn), 156 cm/47 kg (Len)
Voice Base : Shimoda Asami
Salah satu prodak Vocaloid yang sangat menarik. Di mana hanya ada satu pengisi suara namun dapat menghasilkan dua suara pria dan wanita. 
yang menceritakan tentang dua anak kembar (RIn dan Len) yang di takdirkan berbeda. Lalu Rin di jadikan pelayan seekor Naga. Lebih jelasnya silahkan baca posting terdahulu.

Kaito

Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : VOCALOID 
Release date : 17 February 2006
Gender : Male
Voice Base : Fuga Naoto
Sewaktu pertama kali di liris. Kaito hanya laku 500 keping saja. Namun ketika Hatsune Miku mencuat Kaito di rombak ulang dan sekarang pengguna Vocaloid banyak yang menyukai suara Kaito  yang lembut nan kuat.


Megurine Luka

Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : Vocaloid 2
Release Date : 30 January 2009
Gender : Female
Age : 20
Height/Weight : 162cm /45 kg
Voice Base : Asakawa Yuu
Luca ini dibuat untuk 2 suara (Jepang dan Inggris). Lagu nya banyak yang  masuk Top Chart di Weekly Vocaloid Ranking.



Meiko


Developer : Crypton Future Media LTD.
Series : Vocaloid
Release Date : 5 November 2004
Gender : Female
Voice Base : Haigo Meiko
Vocaloid pertama yang di pasarkan dengan ilustrasi anime. Suara Meiko diambil dari Haigo Meiko yang stabil dan datar, sehingga cocok untuk bernyanyi dalam jenis musik apapun. Meiko terlihat dewasa, dan di dalam beberapa lagu atau komik yang di adaptasi dalam Vocaloid Meiko termasuk wanita yang dewasa.




Gumi
Developer : Internet co. LTD.
Series : Vocaloid 2
Release Date : 25 Juni 2009
Gender : Female
Voice Base : Nakajima Megumi
Maskot resmi Megpoid bernama Gumi yang disuarakan oleh Nakajima Megumi saat ini saat perislisannya memiliki karakter suara yang paling realistis dan bernyanyi dengan suara yang lembut. Di antara semua Voacaloid perempuan, hanya Gumi yang memiliki jangkauan suara yang paling luas.



Dalam perkenalan tokoh di atas, di ketahui bahwa Vocaloid memang sebuah Software. Dalam beberapa karakter ada yang terkenal dan ada yang tidak. Vocaloid sendiri masih banyak. Ada Lola, Leon, Kamui Gakupo, Gumi, Sonika, SF-A2 Miki, Big-Al, Kaai Yuuki, dan lain sebagainya. 
Vocaloid sendiri sudah menjalani beberapa live konser. Ada yang di Jepang bahkan ada yang di Amerika. Di salah satu live konser nya para penonton membawa semacam lampu daun bawang.
Ada juga sebuah Anime berjudul BLACK ROCK SHOOTER yang di adaptasi dari lagu Hatsune Miku yang berjudul sama. Ceritanya menarik dan cocok untuk para otaku.
Cara menggunakan Vocaloid gampang gampang susah lohh. Bagi para musisi yang udah kenal ama musik pasti pertama kali make sedikit "Ohh" Namun. Jika kalian yang baru pertama kali dengan hal seperti ini. Jangan harap..., hal ini gampang.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar